WARTA 24 MALUKU

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perusahaan Tambang asal Australia Diminta Penuhi Kewajiban Sosial di Pulau Wetar

Posted by On 07.24

Perusahaan Tambang asal Australia Diminta Penuhi Kewajiban Sosial di Pulau Wetar

Perusahaan Tambang asal Australia Diminta Penuhi Kewajiban Sosial di Pulau Wetar

Perusahaan tambang asal Australia, Finders Resources Limited, diminta untuk memenuhi kewajiban sosialnya

Perusahaan Tambang asal Australia Diminta Penuhi Kewajiban Sosial di Pulau WetaristIlustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan tambang asal Australia, Finders Resources Limited, diminta untuk memenuhi kewajiban sosialnya kepada masyarakat Pulau Wetar di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Di wilayah ini, perusahaan asing ini melakukan penambangan tembaga (copper).

Komitmen sosial tersebut berupa pengembangan komunitas di wilayah op erasi pertambangan Pulau Wetar, seperti kesepakatan atas lahan kompensasi, pembangunan gereja dan komitmen lainnya.

Hal itu disampaikan oleh tokoh pertambangan Maluku Gerry Mbatemooy melalui keterangannya, seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Baca: Setya Novanto Puji Ketabahan Sang Istri

"Ada komitmen yang terkait dengan tanggungjawab sosial ke masyarakat tak dipenuhi oleh Finder di wilayah operasinya, kami minta ini dipenuhi," katanya, Senin (19/2/2018).

Menurut Gerry, masyarakat sekitar pertambangan Finders telah mengambil tindakan atas komitmen yang belum ditepati.

Salah satu tindakan yakni perusahaan tersebut tidak bisa masuk ke wilayah proyek Meron untuk akses lahan di daerah Kali Kuning.

Padahal, proyek Meron merupakan prospek utama untuk eksplorasi dan pengembangan perusahaan.

"Kondisi ini tentu mengkhawatirkan mengingat sumber daya sekarang yang dimiliki Finders semakin menurun," ujar Gerry.< /p>

Selain belum mewujudkan komitmen, Finders juga tidak bisa melakukan rekonsiliasi jumlah bahan peledak yang dimilikinya. Akibatnya, pihak Polda Maluku sempat menghentikan aktivitas pertambangan selama sebulan.

Sebagai informasi, Finders Resources Limited menguasai proyek Wetar Copper sebesar 78 persen melalui anak usaha PT Batutua Tembaga Raya (BTR).

BTR memiliki 70 persen saham di PT Batutua Kharisma Permai (BKP) sebagai pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP). (Pratama Guitarra)

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: Masyarakat Pulau Wetar tagih komitmen perusahaan tambang Australia

Editor: Sanusi Sumber: Kontan Ikuti kami di Kekasih Terobos Lampu Merah Sambil Bercanda, Wanita di Ked iri Tewas Terlindas Truk Kontainer Sumber: Google News | Warta 24 Maluku Barat Daya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »