WARTA 24 MALUKU

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!

Posted by On 07.24

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!asiaexchange.org

Kawasan Indonesia Timur terdiri dari 10 provinsi yaitu Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Walaupun kawasan ini cenderung belum begitu terdepan sebagaimana di kawasan lain, namun kualitas pendidikannya tidak dapat dianggap remeh, nih.

Terbukti dengan beberapa institusi pendidikan tinggi di kawasan Indonesia Timur tersebut berhasil berebut posisi dalam 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 berdasarkan keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Selain itu, sederet institusi pendidikan tingginya pun j uga sukses mengantongi akreditasi A, lho. Yuk, simak!

1. Universitas Hasanuddin di Provinsi Sulawesi Selatan

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!merahputih.com

Universitas yang bernaung di bawah Kopertis IX ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 079/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 yang berlaku mulai 2013 hingga 21 Februari 2018.

Universitas yang berlokasi di kota Makassar ini didirikan pada 10 September 1956. Universitas Hasanuddin memiliki 14 fakultas, di antaranya Kedokteran, Kehutanan, Peternakan, Ilmu Kelautan dan Perikanan, hingga Ilmu Budaya.

Selain itu, universitas yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT tersebut juga termasuk ke dalam deretan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), lho. Uni versitas Hasanuddin juga menduduki peringkat ke-9 dalam jajaran 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 berdasarkan keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

2. Universitas Negeri Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!makassar.terkini.id

Universitas yang bernaung di bawah Kopertis IX ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Negeri Makassar mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 1465/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017 yang berlaku mulai 2017 hingga 23 Mei 2022.

Semula bernama IKIP Makassar, lalu berubah menjadi IKIP Ujungpandang dengan mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujungpandang. Kemudian sejak 4 Agustus 1999, berstatus sebagai Universitas dengan nama Universitas Neg eri Makassar (UNM).

Universitas Negeri Makassar terdiri dari beberapa fakultas seperti Psikologi, Ilmu Pendidikan, MIPA, Teknik, Bahasa & Sastra, hingga Seni & Desain.

Selain itu, Universitas Negeri Makassar bertengger di posisi ke-28 dalam daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 berdasarkan keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

3. Universitas Udayana di Provinsi Bali

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!infokampus.news

EDITORS' PICKS

  1. 8 Sifat yang Ampuh Bikin Hubunganmu Kacau!
  2. Siapa Orang yang Menjadi Kenangan Terindahmu dalam Hidup?

Universitas yang bernaung di bawah Kopertis VIII ini terletak di provinsi Bali. Universitas Udayana mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 2999/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 yang berlaku mulai 2016 hingga 20 Desember 2021.

Cikal bakal Universitas Udayana ternyata adalah Fakultas Sastra cabang Universitas Airlangga, lho. Universitas Udayana telah ada sejak 17 Agustus 1962 dan merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Pulau Dewata tersebut.

Akan tetapi, lantaran hari lahir Universitas Udayana yang jatuh bersamaan dengan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia maka perayaan hari ulang tahun tersebut lantas dialihkan menjadi tanggal 29 September (mengambil tanggal peresmian Fakultas Sastra yang telah berdiri sejak tahun 1958).

Maka universitas yang bermotto Takitakining Sewaka Guna Widya ini resminya berdiri pada 29 September 1962 lalu. Dan, hingga kini Universitas Udayana telah memiliki 13 fakultas serta pasca sarjana.

Universitas Udayana juga meraih peringkat ke-17 dalam daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 berdasarka n keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

4. Universitas Sam Ratulangi di Provinsi Sulawesi Utara

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!video.quipper.com

Universitas yang bernaung di bawah Kopertis IX ini terletak di provinsi Sulawesi Utara. Universitas Sam Ratulangi mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 5236/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017 yang berlaku mulai 2017 hingga 27 Desember 2022.

Berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor 277 tertanggal 14 September 1965, ditetapkan pengesahan universitas negeri di Manado ini. Hingga kini, Universitas Sam Ratulangi menaungi beragam fakultas mulai dari Kedokteran, Pertanian, Perternakan, hingga Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.

Universitas Sam Ratulangi berada di urutan ke-47 dalam 100 Peringkat Perguruan Tin ggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 berdasarkan keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

5. Institut Seni Indonesia Denpasar di Provinsi Bali

Ini 5 PTN Akreditasi A di Kawasan Indonesia Timur, Mantap!balidenpasartourism.com

Institut Seni yang bernaung di bawah Kopertis VIII ini terletak di provinsi Bali. Institut Seni Indonesia Denpasar mengantongi akreditasi A dengan nomor SK adalah 3/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2018 yang berlaku mulai 2018 hingga 3 Januari 2023.

ISI Denpasar didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2003 tanggal 26 Mei 2003 yang merupakan integrasi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana.

ISI Denpasar menaungi satu pascarsarjana untuk jenjang master dan doktoral dan dua fakultas. Misalnya, Fakultas Seni Pertujunjukkan dengan program studi Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Pendidikan Sendratasik, dan Seni Musik.

Kemudian Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan program Seni Murni, Seni Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Fotografi, hingga Desain Mode.

Nah, itulah deretan perguruan tinggi negeri terakreditasi A di kawasan Indonesia Timur seperti dilansir dari laman resmi BAN-PT. Selain itu, secara tidak langsung unjuk kualitasnya ternyata turut dibuktikan pula dari hasil pemeringkatan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Info lengkap klik di sini

#EdFunFact: Dapatkan bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel dengan topik education!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggu ng jawab dari penulis.

Read More Arifina AswatiEditorArifina AswatiRegister IDN Times CommunitySumber: Google News | Warta 24 Maluku Tenggara Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »