Gempa di Laut Banda, Belum Ada Laporan Kerusakan - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Gempa di Laut Banda, Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa di Laut Banda, Belum Ada Laporan Kerusakan

VIVA â€" Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 skala richter mengguncang wilayah Laut Banda, Provinsi Maluku pada Sabtu 17 Februari 2018. Titik gempa berlokasi di laut pada jara…

Gempa di Laut Banda, Belum Ada Laporan Kerusakan

  • VIVA â€" Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 skala richter mengguncang wilayah Laut Banda, Provinsi Maluku pada Sabtu 17 Februari 2018. Titik gempa berlokasi di laut pada jarak 200 kilometer arah timur laut Maluku barat daya pada kedalaman 119 kilometer.

    Koordinat gempat yang terjadi pada pukul 08.55 Wib, berada di episenter pada 7.73 LS dan 128.15 BT. Dari hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) berpotensi dirasakan di daerah Maluku Barat Daya dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI).

    "Akibat guncangan gempa bumi ini belum ada informasi kerusakan," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi.

    Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, ge mpa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi Banda.

    "Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme sesar naik (Thrust Fault)," katanya.

    Hingga pukul 09.27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

    "Kepada masyarakat di sekitar wilayah Maluku Barat Daya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Sumber: Google News | Warta 24 Maluku Barat Daya

Tidak ada komentar