KSPI meragukan data PHK Kemnaker - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

KSPI meragukan data PHK Kemnaker

KSPI meragukan data PHK Kemnaker

NASIONAL / PERISTIWA KSPI meragukan data PHK Kemnaker Senin, 01 Januari 2018 / 15:05 WIB KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai dat…

KSPI meragukan data PHK Kemnaker

NASIONAL / PERISTIWA KSPI meragukan data PHK Kemnaker Senin, 01 Januari 2018 / 15:05 WIB KSPI meragukan data PHK Kemnaker

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai data Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dirilis Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merupakan data yang pasif. Sebab, kata Iqbal Kemnaker hanya menunggu laporan PHK dari daerah.

"Data di kemenaker adalah pasif karena hanya menerima laporan dari Disnaker kabupaten/kota," katanya kepada KONTAN, Senin (1/1).

Iqbal melanjutkan, data yang dimiliki KSPI justru menunjukkan adanya PHK besar-besaran. Selama 2017, Iqbal memperkirakan ada 80 ribu pekerja kena PHK.

"Hingga pertengahan tahun 2017 sudah lebih dari 50 ribu oran g pekerja di PHK. PHK terjadi di industri ritel, seperti penutupan 7-Eleven. KSPI juga memprediksi PHK akan terjadi Hypermart, Ramayana, Hero, Giant, Tiptop," papar Iqbal.

Selain ritel, beberapa sektor industri lain yang banyak melakukan PHK disebutkan Iqbal adalah, industri pertambangan dan perminyakan serta farmasi. Kasus yang mencuat adalah PHK yang terjadi di PT Freeport Indonesia dan PT Smelting.

Hingga November 2017, Kemnaker baru mencatat ada 2.345 kasus PHK dengan 9.822 pekerja kena PHK.

Sebelumnya, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemnaker Haiyani Rumondang memang mengakui, dari data tersebut tak seluruh provinsi melaporkan adanya PHK.

"Ada pihak yang tidak menyampaikan, tidak melaporkan, tapi mungkin juga karena sudah win-win solution, jadi tidak disampaikan dan sebagainya," katanya pada KONTAN akhir pekan lalu.

Dari data yang didapat KONTAN, beberapa provinsi memang tak tercatat miliki kasus PHK pada 2017.

Mereka adalah Sumatera Utara, Kep. Riau, Lampung, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara tiga Provinsi dengan angka PHK tertinggi adalah Kalimantan Timur dengan 3.088 pekerja, DKI Jakarta dengan 1.939 pekerja, dan Banten dengan 1.663 pekerja.


Reporter Anggar Septiadi Editor Barratut Taqiyyah Rafie

PHK

  • Terpopuler
  • Terkomentari
  1. Menhub kritik keras kebijakan PKL di jalan
  2. Puncak arus balik Tahun Baru pada 1 Januari
  3. Jokowi lewatkan malam Tahun Baru di Yogyakarta
  4. Malam Tahun Baru, Jokowi pilih bermain dengan cucu
  5. Kembang api meriahkan Tahun Baru di Jayapura
  1. Lagi, ribuan orang jadi korban biro umroh nakal
  2. Akuisisi tahap I Danamon Rp 15,87 triliun rampung
  3. Menhub kritik keras kebijakan PKL di jalan
  4. Produksi, geopolitik bayangi laju harga komoditas
  5. Ucapan selamat Natal dan harapan Ahok untuk 2018
Feedback â†' x Feedback â†" x Close [X] Sumber: Google News | Warta 24 Maluku Tenggara Barat

Tidak ada komentar