Anggaran Terbatas, Lokasi Survei Seismik Migas Tahun Ini Lebih Sedikit - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Anggaran Terbatas, Lokasi Survei Seismik Migas Tahun Ini Lebih Sedikit

Anggaran Terbatas, Lokasi Survei Seismik Migas Tahun Ini Lebih Sedikit

HomeBeritaEnergiEnergi Anggaran Terbatas, Lokasi Survei Seismik Migas Tahun Ini Lebih Sedikit Tahun ini lokasi survei seismik hanya dua. Sedangkan t…

Anggaran Terbatas, Lokasi Survei Seismik Migas Tahun Ini Lebih Sedikit

  • Home
  • Berita
  • Energi

Energi

Anggaran Terbatas, Lokasi Survei Seismik Migas Tahun Ini Lebih Sedikit Tahun ini lokasi survei seismik hanya dua. Sedangkan tahun lalu, bisa mencapai tiga lokasi. Pekerja migas ilustrasi Kamis 4/1/2018, 18.50 WIB Anggita Rezki Amelia Pertamina Kirim Kargo LNG Perdana dari Blok Mahakam ke Nusantara Regas Tawaran Operator Blok Habis Kontrak 2018 Lebih Baik daripada Pertamina Rini Harap Holding BUMN Migas Untung Besar, Dividen Meningkat

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan kegiatan survei seismik minyak dan gas bumi (migas) tahun ini hanya dilakukan di dua lokasi. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang bisa mencapai tiga lokasi.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan turunnya jumlah lokasi survei seismik tahun ini karena keterbatasan anggaran. "Untuk tahun 2018 anggarannya turun, cuma 2 lokasi dengan dua dimensi (2D)," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (4/1).

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami . Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Adapun anggaran survei seismik tahun ini berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2018 Kementerian ESDM. Alokasinya sebesar Rp 58 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan survei seismik di Sela Bangka, Sulawesi Tenggara sebesar Rp 29 miliar, dan Rp 29 miliar untuk di Sengkawang Kalimantan Barat.

Tahun lalu Kementerian ESDM bisa menganggarkan survei seismik hingga Rp 76 miliar. Rinciannya survei seismik di Arafura Selatan sebesar Rp 25 miliar, Selaru Timur sebesar Rp 26 miliar, dan Buru Offshore di Maluku sebesar Rp 25 miliar.

Ego mengatakan anggaran survei seismik di hulu migas memang terbatas karena Kementerian ESDM mengalokasikannya ke sektor lainnya seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di wilayah terpencil. Selain itu ada program pembangunan jaringan gas k ota, konverter kit untuk nelayan, dan pemberian lampu hemat energi di desa-desa yang belum berlistrik.

Namun, dari anggaran tahun lalu, menurut Ego, hasil survei seismiknya memiliki hasil yang bagus, yakni berpotensi mendapatkan cadangan migas. Rencananya hasil survei seismik tahun lalu akan dilelang tahun ini.

Di sisi lain, saat ini masih ada puluhan cekungan yang belum tersentuh untuk kegiatan eksplorasi. Dari 128 cekungan migas, baru 40% yang sudah dieksplorasi dan berhasil diproduksikan. Sementara 20% lagi sudah pernah dieksplorasi namun belum menemukan cadangan migas, sementara 40% lagi belum terlihat alias belum tersentuh untuk dilakukan upaya pencarian cadangan. "Nah itu letaknya di Indonesia Timur," kata dia.

Namun untuk melakukan survei seismik memang membutuhkan dana yang besar, apalagi di kawasan terpencil seperti wilayah timur. Satu lokasi bisa menghabiskan sekitar Rp 100 miliar untuk seismik.

(Baca: Pengeboran Eksplorasi Migas Tahun 20 18 Ditargetkan Lebih Rendah)

Untuk itu ia mendorong investor untuk mau melakukan kegiatan survei seismik secara mandiri. Salah satunya caranya dengan memberikan akses bagi investor terhadap pembukaan data migas secara gratis. "Visi pemerintah ke depan data itu rahasia akan kami terobos. Ke depan siapapun bisa punya akses ke situ," kata Ego.

Artikel Terkait Pertamina Kirim Kargo LNG Perdana dari Blok Mahakam ke Nusantara Regas Kargo LNG sebesar 2 juta per juta british thermal unit (MMBTU) itu tiba di FSRU Nusantara Regas Satu di Teluk Jakarta, Kamis (4/1). Tawaran Operator Blok Habis Kontrak 2018 Lebih Baik daripada Pertamina "Kalaupun eksisting operator (menang) dan Pertamina give up, sejelek-jeleknya mereka bakal dapat 15% menurut Permen ESDM Nomor 15/2015," kata Ego. Rini Harap Holding BUMN Migas Untung Besar, Dividen Meningkat “Kami harapkan dengan efisiensi yang lebih baik, pendap atan lebih baik, keuntungan lebih baik, bayar dividen lebih baik," kata Menteri BUMN Rini Soemarno.

Berita Terpopuler

Nasional Jokowi Ajak Cak Imin Resmikan Kereta Bandara, Ada Apa? Biasanya, kalaupun ada politisi, hanya Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri lah yang mendampingi ... Digital Ekspansi Bisnis Go-Jek, dari Ojek ke Fintech Go-jek terus berekspansi, mulai dari jasa penyedia transportasi online hingga ke keuangan digital. Infrastruktur Tutup Pintu Korsel, Luhut Pastikan Jepang Garap Kereta Cepat Surabaya "Masih Jepang saat ini, (Korsel) belum kami lihat," kata Luhut Energi Akhir Sejarah Total E&P di Blok Mahakam Setelah 50 tahun dikelola Total E&P, Blok Mahakam diambilalih oleh Pertamina mulai 1 Januari 2018.

Opini

A. Rinto Pudyantoro Rinto

Nasib Investasi Hulu Migas Pasca Terbitnya Aturan Pajak Gross Split

Prahoro Nurtjahyo Prahoro

Menjawab Keraguan Terhadap Gross Split

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Menggugat Survei Fraser Berdasarkan Manfaat Gross Split

Madjedi Hasan Madjedi Hasan

Potensi Masalah Skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split

Kishore Mahbubani Kishore

Sistem Pendidikan Perlu Adaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Baca juga Pabrik Mobil Sokon Industri Kejar Target Industri 5,67%, Lima Subsektor Manufaktur Jadi Andalan Dolar Amerika Serikat Makro Gubernur BI: Cadangan Devisa Tembus US$ 130 Miliar di Akhir 2017 Pasar Induk Beras Cipinang Perdagangan Stok Beras Kurang Satu Juta Ton, Mendag Tak Ada Rencana Impor PUPR Infrastruktur Kementerian PUPR Bentuk Tim Evaluasi Konstruksi Proyek Tol Infomark Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROPER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasiona   l Infomark Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Sumber: Google News | Warta 24 Maluku Barat Daya

Tidak ada komentar