Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung ... - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung ...

Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung ...

KiniNEWS>Regional>Kalimantan>Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung Ternak Sarjana Peternak Di S…

Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung ...

Kini.co.id KiniNEWS>Regional>Kalimantan>Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung Ternak

Sarjana Peternak Di SBB Mendukung Pemkab Wujudkan Lumbung Ternak

Reporter : Ardiansyah | Selasa, 26 Desember 2017 - 20:23 WIB

IMG-8007

Sarjana Peternak Di SBB Mendukung PemkabWujudkan Lumbung Ternak

Kalimantan, kini.co.id â€" Para sarjana peternakan di Kabupaten Seram Bagian Barat mengapresiasi penuh langkah Bupati untuk mewujudkan Kabupaten dengan julukan Saka Mese Nusa tersebut sebagai lumbung ternak di Provinsi Maluku.

Hal ini diungkapkan oleh Yudin Hitimala, selaku salah satu alumni Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universi tas Pattimura Ambon sesuai dengan telah dilakukakannya penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Bupati SBB Yasin Payapo dengan Ketua Balai Embrio Ternak Cipalang Kabupaten Bogor pada, Kamis tanggal 12 Desember 2017 kemarin, yang bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat.

Menurut Hitimala, Kabupaten Seram Bagian Barat memiliki prospek yang baik untuk pengembangan peternakan karena SBB memiliki luas lahan yang menjanjikan dan ditunjang dengan potensi air dan hijauan yang baik untuk dijadikan sebagai bahan pakan ternak yang hingga kini belum dimanfaatkan secara masksimal demi kepentingan kesejahteraan masyarakat petani peternak di wilayah tersebut.

“Padahal, sub sector peternakan ini menjadi salah satu mata pencaharian penting bagi masyarakat pedesaan di SBB yang mana di SBB sendiri banyak masyarakat yang menjadikan pekerjaan di sub sector peternakan sebagai mata pencaharian sampingan dan menjadi tabungan keluarga dalam mencukupi kebutuhan hidup mereka,” kata dia, Selasa (26/12).

Namun, nyatanya potensi sub sector peternakan ini sangat sedikit mendapatkan sentuhan untuk diperhatikan. Sehingga langkah Bupati melakukan MoU dengan pihak Balai Embrio Ternak Cipalang Kabupaten Bogor ini adalah langkah yang sangat luar biasa dan tentu hal ini sangat singkron dengan visi misi Bupati dalam hal pemanfaatan sumberdaya peternakan untuk mewujudkan kesejahteraan petani di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Hitimala yang juga merupakan Mantan Koordinator Wilayah V Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) Daerah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua ini menambahkan bahwa pembangunan sub sector peternakan di suatu wilayah akan maju bila semua komponen yang berkompeten harus terlibat dan turut berpartisipasi, komponen-komponen tersebut antara lain pihak pemerintah, swasta, akademisi dan masyarakat.

Sehingga ia berharap agar Pemkab SBB juga harus melibatkan pihak akademisi dalam rangka melakukan pengkajian dan penelitian terhadap wilayah-wilayah di SBB sebagai daerah potensial pengembangan peternakan.

“Di samping itu, bahwa petani peternak yang ada di SBB rata-rata memiliki latar belakang pendidikan adalah tamatan sekolah dasar dengan pengetahuan terkait manejemen pemeliharaan ternak sangat minim, sehingga guna menyukseskan program di maksud yang dapat berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di SBB maka para petani peternak sebagai masyarakat penerima bibit harus diberikan penguatan berupa pendidikan, pelatihan, kursus atau dalam bentuk penyuluhan peternakan kepada mereka agar ada transpormasi pengetahuan manejerial peternakan kepada mereka guna memperbaiki budaya beternak masyarakat kita dari system pemeliharaan tradisional kea rah yang lebih maju,” papar dia.

Ia juga menambahkan bahwa budah banyak pengalaman yang di lihat, bahwa selama ini bantuan-bantuan serupa diberikan kepada masyarakat begitu saja tanpa pendampingan yang baik kepada pihak petani pe ternak, sehingga hasil yang diharapkan juga tidak tercapai. Maka dari itu kami berharap agar SDM peternakan terutama para sarjana peternakan di SBB juga harus dilibatkan dalam program ini.

“Minimal mereka menjadi pendamping para petani peternak di lapangan agar ada proses pendampingan dan fungsi control bisa dilakukan terhadap petani peternak kita di lapangan,” katanya.

Hitimala, yang juga merupakan Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMAPET) Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon ini juga menambahkan bahwa ia sebagai sarjana peternakan yang berasal dari darah ini sangat mendukung program ini dan ia juga optimis bila program ini dilakukan secara baik melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat, pengawasan yang ketat dan evalusi yang baik maka cita-cita Bupati SBB Yasin Payapo, sebagaimana visi misinya untuk mewujudkan SBB sebagai lumbung ternak dalam menyediakan pangan hewani yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) di Kabupaten Seram B agian Barat guna mendukung tercapainya swasembada daging nasional dapat terwujudnyatakan dengan baik.

Editor: Rakisa
KOMENTAR ANDA Berita Regional Terkini Lainnya Pemkab Labura resmi luncurkan ‘Salam Labura’ Sumatera Utara - Selasa, 26 Desember 2017 - 20:30 WIB

Pemkab Labura resmi luncurkan ‘Salam Labura’

Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan dan masukan kepada pemerintah, Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu Utara (Labura) ... Demiz mengaku siap jika ditinggalkan PKS dan PAN Jawa Barat - Selasa, 26 Desember 2 017 - 19:47 WIB

Demiz mengaku siap jika ditinggalkan PKS dan PAN

Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengaku tidak terpengaruh dengan wacana koalisi yang dibangun oleh Gerindra, PKS dan PAN. ... Ramalan Ki Kusumo Tahun 2018 Pada Shio Anjing Tanah Jawa Barat - Selasa, 26 Desember 2017 - 19:30 WIB

Ramalan Ki Kusumo Tahun 2018 Pada Shio Anjing Tanah

Tahun shio ayam api akan berakhir menjelang akhir tahun 2017. Penggantinya, tahun 2018, merupakan shio anjing tanah. Warga tionghoa pun ... Kata Djarot, Ahok menyarankan maju di Pilkada Sumut Sumatera Utara - Selasa, 26 D esember 2017 - 19:15 WIB

Kata Djarot, Ahok menyarankan maju di Pilkada Sumut

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sejak Senin (25/12) sampai beberapa hari kedepan berada di Sumatera Utara. Kedatangan Djarot ... Walikota bersama warga gelar doa bersama 13 tahun Tsunami Aceh Aceh - Selasa, 26 Desember 2017 - 15:12 WIB

Walikota bersama warga gelar doa bersama 13 tahun Tsunami Aceh

Ratusan warga menggelar doa dan zikir bersama di Kuburan Massal Korban Tsunami Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, memperingati 13 ... Ini Kronologis Pembunuhan Sekeluarga di Yasowilangun Kidul Jawa Timur - Selasa, 26 Desember 2017 - 08:55 WIB

Ini Kronologis Pembunuhan Sekeluarga di Yasowilangun Kidul

Warga Dusun Kebonan, Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dikejutkan dengan peristiwa pembunuhan sekeluarga, Senin (25/12/2017).Pembunuhan tersebut ...
  • TERPOPULER

    • No Image

      Buntut telanjangi santriwati, toko Ratu Paksi Tasikmalaya disegel

      25/12/17 - Toko aksesoris Ratu Paksi di Jl Sukalaya, Cihideung, ...

    • 2

      Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..

    • 3

      Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan

    • 4

      Ratusan pengunjung kecewa, tiket Rp50 ribu tak dapat durian

    • 5

      Dituduh mencuri, santriwati di Tasikmalaya ditelanjangi pe tugas keamanan

    • 6

      Pelecehan Santriwati berujung penyegelan toko Ratu Paksi

    • 7

      Ini Kronologis Pembunuhan Sekeluarga di Yasowilangun Kidul

    • 8

      Diduga mobil Sandiaga, terekam masuk jalur Busway di Slipi

    • 9

      Polisi Mulai Tindak Ojek Online yang Mangkal

    • 10

      Panitia festival durian minta maaf, siap kembalikan uang tiket yang dibeli


Sumber: Google News | Warta 24 Seram Bagian Barat

Tidak ada komentar