Menyelamatkan Sejarah Kelam Gunung Botak - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Menyelamatkan Sejarah Kelam Gunung Botak

Menyelamatkan Sejarah Kelam Gunung Botak

Sejarah kelam mengiringi Gunung Botak di Desa Wamsait, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, ketika publik menerima informasi pada Februari 2015 bahwa di lokasi penambangan emas ilegal itu telah…

Menyelamatkan Sejarah Kelam Gunung Botak

Sejarah kelam mengiringi Gunung Botak di Desa Wamsait, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, ketika publik menerima informasi pada Februari 2015 bahwa di lokasi penambangan emas ilegal itu telah tewas ribuan penambang.
Adalah Nikolaus Nurlatu, tokoh adat setempat yang mengatakan, jumlah korban meninggal di lokasi penambangan mencapai ribuan orang. Padahal penambangan ilegal itu mulai dilakukan sejak 2011.
Artinya, hanya sekitar lima tahun, jumlah korban mencapai ribuan. Waktu itu, dia berani menyebutkan jumlahnya yang mencapai 1.000 orang. Mereka tewas akibat longsor dan perkelahian sesama penambang akibat perebutan lahan.
Namun, jumlah itu diperkirakan bertambah karena meski penertiban sering dilakukan, penambang merangsek lagi. Ketika ditertibkan, aktivitas berhenti sejenak, namun kemudian marak lagi. Begitu seterusnya.
Lanjutkan membacaSumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Buru

Tidak ada komentar