Kak Ipul Minta Gerakan Pramuka Hadirkan Inovasi bagi Generasi ... - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Kak Ipul Minta Gerakan Pramuka Hadirkan Inovasi bagi Generasi ...

Kak Ipul Minta Gerakan Pramuka Hadirkan Inovasi bagi Generasi ...

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf minta Gerakan Pramuka untuk menghadirkan inovasi bagi generasi milenial yang akrab…

Kak Ipul Minta Gerakan Pramuka Hadirkan Inovasi bagi Generasi ...

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf minta Gerakan Pramuka untuk menghadirkan inovasi bagi generasi milenial yang akrab dengan teknologi informasi (TI). Melalui inovasi, diharapkan generasi milenial dapat mengenal dan mencintai pramuka, serta terhindar dari efek negatif TI.

“Pramuka adalah salah satu wadah untuk menghadirkan generasi yang mengerti budaya dan tradisi, senang bergotong-royong, tangguh, peduli, cerdas, pintar, dan dekat dengan Tuhan, Itulah generasi yang kita harapkan, tak terkecuali generasi sekarang, yakni generasi milenial yang hidup di era TI”

Hal itu disampaikan Kak Ipul, sapaan akrab Kakwarda Gerakan Pramuka Jatim saat Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Masa Bhakti 2016-2021, Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Pergantian Antar Waktu (PAW) Masa Bhakti 2014-2019 Gerakan Pramuka Kab. Ngawi di Pendopo Wedya Graha Kab. Ngawi, Minggu (3/12) pagi.

Kak Ipul mengatakan, pentingnya menghadirkan inovasi karena era serba TI dapat mendatangkan dampak negatif bagi generasi milenial, salah satunya adalah anak lebih suka berinteraksi dengan gadget atau laptopnya, dan malas keluar rumah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
Pria kelahiran Pasuruan ini lantas menceritakan sebuah kasus yang dialami oleh teman dari temannya. “Dia memiliki anak yang sudah dewasa, tapi lebih suka beraktivitas di dalam kamar daripada keluar rumah untuk bergaul dengan anak-anak seusianya di kampungnya. Keluar kamar hanya untuk makan saja.” katanya.

Keadaan itu membuat sang ayah menegurnya. “Maumu ini bagaimana? Mbok ya keluar rumah, dan kumpul sama teman-teman di kampung. Jika seperti ini terus, lama-lama kamu bisa jadi anti sosial. Lakukanlah kegiatan yang positif dan produktif bagi masa depanmu” tegur sang ayah.
Ditegur seperti itu, sang anak membalasnya dengan jawaban yang membuat sang ayah terkaget-kaget. “Kenapa bapak bilang begitu? Mari masuk kamar saya, akan saya tunjukkan jika saya punya banyak teman, bahkan ada yang dari luar negeri, luar provinsi, luar kota, dan dari dalam kota” jawab sang anak.

Kemudian dibukalah laptopnya, ditunjukkanlah teman-temannya di media sosial yang jumlahny mencapai ratusan. Ia pun balik bertanya pada ayahnya.”Bapak punya tabungan berapa? Saya punya tabungan yang banyak dari hasil bisnis online saya, jadi meski saya lebih banyak di kamar, tapi saya tetap produktif” tambah sang anak.

Dari contoh itulah, lanjut Kak Ipul, menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku akibat era TI. Jika dulu anak-anak lebih suka bergaul, bermain, dan berinteraksi langsung dengan teman-temannya, namun kini generasi milenial ada kecenderungan lebih menyukai berinteraksi via online, serta hal-hal praktis dan efisien.

“Itulah tantangan pramuka di jaman sekarang, kita harus punya inovasi agar kegiat an pramuka bisa menarik bagi generasi milenial. Jika tidak, pramuka perlahan bisa ditinggal dan dianggap kuno” imbuh pria yang merupakan penggemar sejati cita rasa kopi nusantara ini.
Dalam kesempatan ini, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kab. Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono mengatakan, dirinya masih optimis pramuka dapat menjadi kawah candradimuka untuk mewujudkan generasi masa depan yang cerah.

“Sebagaimana yang diserukan oleh Presiden RI, Jokowi, bahwa kita harus lakukan revolusi mental. Pendidikan karakter menjadi prioritas untuk memperkuat karakter bangsa yang mulai menipis. Melalui pramuka, kita harus secara kontinu dan konsekuen memberikan pelajaran tentang karakter bangsa” katanya.

Pramuka, lanjut Budi, mengajarkan anak-anak tentang kedisiplinan, dan karakter yang tidak pernah menyimpang dari budaya bangsa, gotong royong, dan lainnya. “Semua ada di pramuka, seperti saling menghormati, melatih ketangguhan, dan hal-hal positif lainnya” pungkasnya.
Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Masa Bhakti 2016-2021, Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Pergantian Antar Waktu (PAW) Masa Bhakti 2014-2019 Gerakan Pramuka Kab. Ngawi ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono yang juga dilantik sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Ngawi. (rr)

Post Views: 88Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Ngawi

Tidak ada komentar