Enam Segmen Parkir Ruko Solo Baru Bakal Dikelola Dishub ... - Warta 24 Maluku
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Enam Segmen Parkir Ruko Solo Baru Bakal Dikelola Dishub ...

Enam Segmen Parkir Ruko Solo Baru Bakal Dikelola Dishub ...

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Enam segmen lokasi parkir kendaraan di ruko di sepanjang Jalan Ir Soekarno, Solo Baru, Grogol akan dikelola oleh Dinas Perhubungan Sukoharjo. Sos…

Enam Segmen Parkir Ruko Solo Baru Bakal Dikelola Dishub ...

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Enam segmen lokasi parkir kendaraan di ruko di sepanjang Jalan Ir Soekarno, Solo Baru, Grogol akan dikelola oleh Dinas Perhubungan Sukoharjo. Sosialisasi sudah dilakukan petugas terhadap pemilik, pengelola dan juru parkir di lokasi tersebut. Kedepan jumlah segmen akan ditingkatkan diseluruh Solo Baru, Grogol dan wilayah lain di Sukoharjo.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Parkir Dinas Perhubungan Sukoharjo Marjono, Minggu (3/12/2017) mengatakan, sosialisasi penataan parkir di Jalan Ir Soekarno, Solo Baru, Grogol sudah dilaksanakan di pendapa kantor Kecamatan Grogol pada Kamis (30/11/2017). Materi sosialisasi berkaitan dengan perencanaan manajemen rekayasa penataan parkir.

Penataan parkir kendaraan dilatarbelakangi karena minimnya tingkat keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Penataan dimaksudkan agar keamanan terjamin karena sistem parkir dibuat komputerisasi, selain itu juga memudahkan evaluasi pendapatan sebagai bahan perencanaan. Tidak luput juga untuk mengurangi kebocoran terhadap pendapatan perparkiran.

Enam segmen parkir kendaraan di ruko yang akan dikelola Dinas Perhubungan yakni di deretan Ruko Toko Mas Semar, deretan Ruko Purimas, deretan Ruko Omega Cell, deretan Ruko Utara SPBU Solo Baru, deretan Ruko Utara Hartono Mall, deretan Ruko Hartono Trade Center (HTC).
“Parkir akan dikelola Pemkab Sukoharjo dan sekarang masih tahap sosialisasi,” ujar Marjono.

Pengelolaan parkir oleh Pemkab Sukoharjo tidak mengurangi hal para juru parkir, pengelola dan pemilik ruko. Mereka justru diuntungkan karena keamanan terjamin dan lebih tertata.

“Juru parkir akan mendapatkan pendapatan tetap karena ada gaji bulanan. Berbeda dengan sekarang mereka dalam satu hari tidak tentu dapat uang berapa,” lanjutnya.

Dalam sosialisasi juga dijelaskan mengenai tarif parkir yakni men ggunakan sistem flat yang mana tidak mengalami kenaikan setiap jam seperti di gedung atau taman parkir pada umumnya, karyawan menggunakan sistem berlangganan, mengratiskan kendaraan pemilik ruko maksimal tiga unit. Pengenaan tarif juga ringan karena seruai dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Tarif parkir sepeda motor Rp 1.000 dan mobil Rp 2.000. Rencananya flat dan tidak ada kenaikan per setiap jam,” lanjutnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Sukoharjo Joko Waluyo mengatakan, kondisi parkir kendaraan di kawasan Solo Baru, Grogol berkembang pesat. Hal itu tejadi karena banyaknya pembangunan tempat usaha disepanjang Jalan Ir Soekarno.

Perkembangan tersebut harus diimbangi dengan peningkatan dan penataan parkir kendaraan. Apabila tidak maka terjadi kesemrawutan dan kamacetan jalan.

Camat Grogol Bagas Windaryatno mengatakan, para pengelola, pemilik dan juru parkir di Solo Baru tidak perlu takut. Sebab Pemkab Sukoharjo justru memberikan perhatia n dan membantu mereka dalam hal penataan parkir kendaraan.

“Tetap bekerja seperti biasa jaga kondusifitas. Parkir kendaraan di Solo Baru akan ditata menjadi lebih baik,” ujarnya. (Mam)

Sumber: Google News | Warta 24 Sukoharjo

Tidak ada komentar